Sabtu, 11 Maret 2017

Apakah Wanita Yang Mengidap Kanker Serviks Bisa Hamil?


Kanker serviks adalah kanker yang menyerang mulut rahim yang berada tepat di bawah kandungan atau uterus.  Mengetahui penyakit ini menyerang mulut rahim, apakah mungkin seorang wanita yang menderita kanker serviks masih bisa hamil?


Kanker serviks, adalah jenis kanker yang paling mematikan bagi kaum wanita.  Banyak faktor penyebabnya, seperti:
  • Kurang menjaga kebersihan organ kewanitaan,
  • Sering memakai pembalut yang mengandung pemutih,
  • Melakukan hubungan seksual di usia muda,
  • Merokok dan minum alkohol.

Apa saja gejala yang biasanya timbul?

Kanker serviks ini timbul dengan gejala seperti keputihan dengan bau yang tidak sedap, rasa gatal di sekitar kemaluan, perdarahan setelah berhubungan intim, dan perdarahan lanjutan pada wanita yang menopause.  Bagi Anda yang mengalami gejala tersebut, segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.
Pengobatan pada wanita yang didiagnosis menderita kanker serviks stadium awal tidak dilakukan radio terapi, rahim dan indung telur masih dipertahankan dan berfungsi.  Untuk itu, wanita penderita kanker serviks dengan stadium awal ini masih dimungkinkan untuk bisa hamil, namun tetap dalam pengawasan dokter kandungan.

Sementara, untuk pengobatan kanker serviks stadium akhir, biasanya dilakukan pengangkatan rahim dan menjalani radio terapi.  Karena itu, pada wanita penderita kanker serviks yang menjalani terapi ini, bisa dikatakan tidak bisa hamil.
Kanker serviks dapat dicegah dengan:
  • Melakukan tes pap smear secara rutin setidaknya sekali dalam 2 tahun.
  • Menjalani pola hdup sehat, seperti rutin berolah raga, selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan, menjauhi seks bebas, tidak mengonsumsi alkohol, dan tidak merokok.
  • Mendapatkan vaksinasi kanker serviks.



Upaya pencegahan kanker serviks ini dapat dilakukan dengan cara rutin mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker serviks, antara lain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, kaya antioksidan, polifenol dan flavonoid, dan asam folat.  Senyawa-senyawa tersebut terdapat pada jenis makanan seperti wortel, telur, ikan tuna, ikan salmon, stroberi, tomat, buncis, brokoli, dan alpukat.  Asam folat selain bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, juga berfungsi melawan Human Papilloma Virus (HPV) yang adalah virus penyebab kanker serviks.   Selain itu, antioksidan, polifenol, dan flavonoid bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sumber : https://youtu.be/PRX7Cdo9IGQ

Jika ingin memahami lebih jelas mengenai Kanker Serviks / Kanker Leher Rahim maka silahkan pelajari materi di bawah ini, atau silahkan download file Power Point DISINI

1 komentar:

  1. angka kematian akibat kanker serviks tinggi sekali, karena kebanyakan kasus penyakit ini diakibatkan terlambat penanganan.
    vaksin kanker serviks

    BalasHapus